---

Ercastyc 3

---

Ercastyc 1

---

ErcaStyc 2

Berbagi Untuk Berkaya,,, Berusaha Untuk Mengumpulkan Puing-puing Pengalaman Yang Berserakan Tak Terurus Dan Dikumpulkan dalam Simbol-simbol kecil ____ ErcaStyc. Thanks

              MEMBUKA KESEMPATAN KEPADA PEMUDA INDONESIA
                         UNTUK MENJADI PERWIRA MELALUI AKADEMI ANGKATAN UDARA
 A.    SYARAT-SYARAT
1.   Warga Negara Indonesia, Pria, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila   dan UUD 1945 serta bukan Prajurit TNI/Polri dan PNS.
2.   Umur pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2011 minimal 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.
3.   Berkelakuan baik, serta tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah diperoleh kekuatan hukum tetap yang dinyatakan dengan surat dari Kapolres se tempat.
4.   Berbadan sehat ( Jasmani dan Rohani).
5.   Lulusan SMU/MAN jurusan IPA , dengan ketentuan DANEM/SKHUN sebagai berikut :
  • Lulusan tahun 2006 nilai rata-rata 6,5 tidak ada nilai dibawah 4,26
  • Lulusan tahun 2007 dan 2008 nilai rata-rata UAN dan UAS tidak kurang dari 6,50 dan tidak ada nilai 6,00.
  • Lulusan tahun 2009 nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS (Pen-didikan Agama, Sejarah dan Teknik Informatika) adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran yang nilainya dibawah 6 dengan batas bawah 5,5.
  • Lulusan tahun 2010 nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS (Pendidikan Agama, PKN, Sejarah dan Teknik Informatika) adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran UAN yang nilainya dibawah 6 dengan batas bawah 5,4. 
  • Lulusan tahun 2011 akan ditentukan kemudian. 
6. Belum pernah menikah dan sanggup tidak akan menikah selama dalam pendidikan Karbol dan Lanjutannya.
7.   Tinggi badan tidak kurang dan 165 cm.
8.  Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI AU dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia.
9.   Harus ada persetujuan dan Orang Tua/Wali bagi yang belum berusia 21 tahun.
10. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan disertai dengan : a. Surat persetujuan dari Kepala Jawatan yang bersangkutan. 
b. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara.
11. Harus mengikuti dan lulus ujian/pemeriksaan yang meliputi : • Postur dan Lahiriah. • Administrasi dan Screening POM. • Kesehatan umum calon Prajurit TNI dan kesehatan jiwa. • Kemampuan Jasmani ( Samapta "A", "B", meliputi lari, push-up, sit-up, pull-up, shuttle run. Serta  harus lulus Renang 50 meter dan Postur/antropometrik). • Psikologi. • Penelitian Personel. • Akademis (Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia)
B.    Pendaftaran
1.   Tanggal pendaftaran dimulai tanggal 1 Maret sampai dengan 20 Mei 2011
2.   Cara Pendaftaran, Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan masing masing 2 (dua) lembar foto copy dari :
i. Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir atau foto copy yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang(Bupati/Wali Kota).
ii.  Foto copy ijasah terakhir sesuai persyaratan, sudah di legalisasi pejabat yang berwenang sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 59 tahun 2008, bagi yang belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa pelamar masih duduk di kelas III (Tiga) SMU/MAN.
iii.   KTP calon dan foto copy KTP orang tua/wali yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
iv.   Pas Foto 4 x 6 hitam putih tanpa tutup kepala sebanyak 2 lembar.

C.     Pemanggilan
1.    Para pelamar yang dipanggil pada saat menghadap di Lanud se tempat harus membawa serta :
a.   Surat panggilan.
b.   Surat Lamaran yang ditulis tangan sendiri ditujukan kepada :
Kepala Staf TNI Angkatan Udara
U.P Kepala Dinas Administrasi Personel
Cilangkap,
Jakarta Timur.
c.   Daftar Riwayat Hidup yang ditulis tangan sendiri.
d.   Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir dari catatan sipil / Bupati / Walikota.
e.   Membawa semua ijasah asli dan foto copy mulai dari SD sampai dengan Sekolah menengah akhir dan DANEM/SKHUN khusus untuk foto copy ijasah terakhir pendidikan dan DANEM/SKHUN harus sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 59 Tahun 2008. Melampirkan foto copy daftar nilai kumulatif yang telah di legalisir dan buku raport asli serta asli serta foto copy buku raport kelas 3.
f.   Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kapolres setempat yang yang berlaku selambat-lambatnya sampai tanggal 01 Agustus 2011.

g.  Surat Persetujuan / ijin orang tua / wali yang diketahui oleh lurah/Kepala Desa setempat. pelamar yang persetujuannya diberikan oleh wali tetapi masih memiliki orang tua, harus disertai surat kuasa penunjukan wali yang ditanda tangani oleh orang tua dan wali serta disyahkan oleh Kepala desa / Lurah dan Camat sesuai alamat orang tua yang bersangkutan.
h.  Surat pernyataan belum pernah menikah dan kesanggupan tidak akan menikah selama dalam pendidikan pertama TNI dan pendidikan dasar golongan serta lanjutan yang diketahui orang tua / wali, Lurah/Kepala Desa dan Camat setempat serta KUA/Catatan Sipil setempat.
i.   Surat pernyataan kesanggupan ditempatkan dimana saja diseluruh wilayah Republik Indonesia yang diketahui oleh orang tua / wali, Lurah/Kepala Desa dan camat setempat.
j.  Surat persetujuan / ijin dari Kepala/Instansi yang dibubuhi cap instansi bagi mereka yang sudah bekerja.
k.  Kartu keluarga orang tua dan wali bagi yang memakai wali ( dilegalisir Lurah/Kepala Desa/ camat ).
l.   Bagi yang masih duduk di kelas 3 SMU, agar melampirkan raport kelas I s.d III semester I serta membawa surat keterangan dari sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta Ujian Akhir Nasional.
m.  Pas foto hitam putih terbaru, tanpa kaca mata dan tutup kepala dengan ukuran 4 x 6 cm sebanayak 20 lembar ( negatif / klise / CD dilampirkan ).
n.  Foto copy KTP calon, orang tua/wali ( dilegalisir Lurah/Kepala Desa dan Camat  ).
o.  Surat kematian bagi orang tuanya yang telah meninggal.
p.  Skep Pensiun bagi orang tuanya pensiunan TNI/ Polri / PNS.
q.  Semua surat-surat tersebut diatas disiapkan masing-masing rangkap 8 ( delapan lembar ), 1 (satu) lembar asli dan 7 (tujuh) lembar foto copy yang sudah terlegalisir.

2.  Tempat Pendaftaran di Lanud-lanud yang ditunjuk sebagai daerah penerimaan Karbol antara lain
a. Dinas Personel Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta no telepon  021-8019041 untuk daerah meliputi : Propinsi DKI Jakarta, Propinsi Banten, Depok, Bekasi, Karawang
b.  Dinas personel Lanud Atang Sendjaja Bogor dengan nomor telepon 0251-7535913/4, untuk daerah meliputi: Bogor, Cianjur, Sukabumi
c.  Dinas personel Lanud Husein Sastranegara Bandung no telp 022-6037630 pesawat 278 untuk daerah meliputi : Bandung, Sumedang, Garut, Purwakarta, subang.
d. Dinas personel Lanud Wiriadinata Tasikmalaya dengan no telp 0265-333653 pswt 23 untuk daerah meliputi : Tasikmalaya, ciamis, Kuningan, Majalengka, Cirebon dan indramayu.
e. Dinas personel Lanud Wirasaba Purwkwerto telp 0286-47117 pswt 1006 meliputi : Purbalingga, Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, wonosobo, Pekalongan, Batang, Pemalang, Tegal, Brebes.
f. Dinas personel LanudSultan Iskandar Muda di Nanggroe Aceh Darusalam telp 0651-26692 pswt 304 meliputi : Propinsi Nanggroe Aceh Darusalam.
g. Dinas personel LanudMedan di Medan no tel  0761-4572323 pswt 309 meliputi Propinsi Sumatra Utara.
h. Dinas personel Lanud Pekanbaru di Pekan Baru telp 0761-61456 pswt 9201 meliputi : Propinsi Riau, Propinsi Kepulauan Riau dan Propinsi Jambi.
i. Dinas personel Lanud Padang di Padang dengan nomor telepon 0751-7053504 untuk propinsi Sumatra Barat.
j. Dinas personel Lanud Palembang di Palembang telp 0711-410376 pswt 208 meliputi Propinsi Sumatra Selatan, Propinsi Bengkulu, Propinsi Lampung.
k. Dinas personel Lanud Tanjung Pandan di Bangka Belitung  telp 0719-22773/21004  daerah Propinsi Bangka Belitung.
l. Dinas personel Lanud  Iswahyudi di Madiun Jawa Timur telp 0351-868707 pswt 1004  meliputi : Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, Kediri, Nganjuk, Bojonegoro, Jombang.
m. Dinas personel Lanud Abdul Rachman Saleh di Malang Jawa Timur telp 0341-401102  meliputi daerah : Malang, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Blitar,
n. Dinas personel Lanud Surabaya di Surabaya Jawa Timur telp 8667771/2 pswt 207 meliputi : Surabaya, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Tuban dan Mojokerto
o. Dinas personel Lanud Sultan Hasanuddin di Makakasar , Sulawesi Selatan telp  0411-553044/92 pswt 273  meliputi : Propinsi Sulawesi Selatan, Propinsi Sulawesi Barat, Propinsi Sulawesi Selatan, Propinsi Sulawesi Tengah (minus Buol dan Tolitoli)
p. Dinas personel Lanud  Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara telp 0431-811077 pswt 29 meliputi : Propinsi Sulawesi Utara, Propinsi Gorontalo, Buol, Tolitoli, dan Propinsi Maluku Utara.
q. Dinas personel Lanud Balikpapan di Balikpapan Kalimantan Timur  telp 0542-761141pswt 116 meliputi : Propinsi Kalimatan Timur dan Muara teweh
r. Dinas personel Lanud Sjamsuddin Noor di Banjarmasin Kalimantan Tengah telp 0511-4705268 pswt 213  meliputi Propinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (minus Muarateweh).
s. Dinas personel Lanud Pattimura di Ambon, Maluku telp 0911-348012 meliputi Propinsi Maluku dan Maluku Utarat
t. Dinas personel Lanud Jayapura Papua telp 0967-591172 pswt 5017 meliputi : Jayapura, Merauke, Muha, Enarotali, Timika
u. Dinas personel Lanud Manuhua di Biak Papua telp 0981-21801 pswt 109  meliputi : Biak, Serui, Sorong, Fakfak, Manokwari, Wamena, Nabire
v. Dinas personel Lanud Eltari di Kupang NTT telp 0380-881373 pswt 103  meliputi: Propinsi NTT
w. Dinas personel Lanud Rembiga di Mataram NTB telp 0370-631183 untuk propinsi NTB
x. Dinas personel LanudNgurah Rai Denpasar Bali telp 0361-751116 pswt 113 untuk Propinsi Bali.
Y. Dinas personel LanudAdisutjipto di DIY telp  0274-488466/43331603 pswt 5270  meliputi : Propinsi DIY, Purworejo, Magelang, Temanggung, Semarang, Kendal, Demak, Klaten.
z. Dinas personel LanudAdi Soemarmo di Surakarta Jawa Tengah telp 0271-780240 pswt meliputi: Surakarta, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, Purwodadi, Kudus, Pati, Blora, Rembang, Jepara dan Salatiga.
     


  D.   Pendidikan Pertama.   Calon yang dinyatakan lulus dan terpilih menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara akan langsung mengikuti Pendidikan Dasar Keprajuritan di Akmil Magelang, selanjutnya mengikuti Pendidikan pertama di AAU Yogyakarta.
E.   Pengangkatan Pertama.   Setelah lulus dari pendidikan pertama diangkat menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua dan diarahkan untuk Korps/jurusan :
1.   Penerbang/Navigator.
2.   Tehnik Pesawat Terbang.
3.   Elektronika.
4.   Pembekalan.
5.   Administrasi.
6.   Pasukan/Pom.
7.   Khusus.
F.    Lain-lain.
1. Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan/pengujian, terhadap para calon Karbol Akademi Angkatan Udara tidak dipungut biaya apapun.

2.   Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di Panitian daerah ( Panda ).

3.   Tidak menerima calon yang melakukan perbaikan DANEM dengan cara sudah lulus dari satu sekolah kemudian pindah dan ikut ujian di sekolah lain.

4.   Keterangan lebih rinci dapat diperoleh di tempat pendaftaran dan/atau dinas personel Lanud terdekat.


Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat Disini 


Bagi yang berminat silahkan di coba ya ,,,,,, ! yang paling penting usahanya dulu jngn lupa do'a restu orang tua ....key




Selamat berjuang & Tunjukkan tekatmu adalah pengabdian terbaik ikhlas bhakti bina bangsa
by ErcaStyc                    

Leave a Reply

download apilikasi try out sma 2011

Comment